11. Berikut ini disajikan contoh angket yang disajikan dengan menggunakan
model skala Thurstone.
Petunjuk:
Pilihlah 5
(lima) buah pernyataan yang paling sesuai dengan sikap Anda terhadap pelajaran matematika, dengan cara
membubuhkan tanda cek ( v ) di depan nomor pernyataan di dalam tanda kurung.
( ) 1. Saya
senang belajar matematika.
( ) 2.
Matematika adalah segalanya buat saya.
( ) 3. Jika
ada pelajaran kosong,saya lebih suka belajar matematika.
( ) 4.
Belajar matematika menumbuhkan sikap kritis dan kreatif.
( ) 5. Saya
merasa pasrah terhadap ketidak- berhasilan saya dalam matematika.
( ) 6.
Penguasaan matematika akan sangat membantu dalam mempelajari bidang studi lain.
( ) 7. Saya
selalu ingin meningkatkan pengetahuan dan kemampuan saya dalam matematika
( ) 8.
Pelajaran matematika sangat menjemukan.
( ) 9. Saya merasa terasing jika ada teman membicarakan
matematika.
Misalkan
pembuat angket menentukan bahwa skor yang akan dipakai untuk pernyataan yang kontribusinya paling tinggi
adalah 9 dan untuk yang paling rendah diberi skor 1, sehingga skor tengahnya
sama dengan 5. Hasil pertimbangannya, ia menyatakan bahwa pernyataan yang
paling tinggi kontribusinya terhadap sikap positif untuk matematika adalah
pernyataan nomor 2 sehingga ia memberi bobot skor 9. Agar hasil pertimbangan
itu lebih objektif, ia meminta bantuan kepada teman seprofesinya yang dianggap
mampu atau lebih mampu daripada dirinya sendiri. Misalkan ada 4 orang yang
diminta pertimbangan itu, hasil pertimbangan untuk butir nomor 2 dari keempat
orang itu masing-masing 8, 8, 9dan 9. Dengan demikian skor untuk butir soal
nomor 2 itu adalah
9+8+8+9+9= 8,6
5
Untuk butir
nomor 8 pembuat angket memberi skor 2 karena ia menganggap kontribusinya rendah terhadap sikap siswa
dalam matematika. Keempat teman lainnya masing-masing memberi skor 3, 4, 1, 2
sehingga skor untuk butir nomor 8 adalah
2 + 3+ 4+ 1+ 2 = 2, 4
5
Begitulah
seterusnya cara pemberian skor untuk setiap butir pernyataan. Misalkan skor
untuk setiap butir soal, berturut-turut dari butir soal nomor 1 sampai dengan
nomor 9 adalah sebagai berikut :
9,0 ; 8,6 ;
8,2 ; 7,6 ; 4,5 ; 6,0 ; 7,6 ; 2,4 ; 4,0 ; 5,3
Setelah
angket diberikan kepada responden (siswa), misalkan untuk subjek A memilih
butir-
butir nomor
1, 4, 6, 7 dan 10. Rerata skor dari subyek A adalah
9,0+ 7,6 + 6,0 + 7,6 + 5,3 = 7,1
5
Ini berarti sikap A terhadap matematika positif,
karena skornya lebih daripada skor tengah (= 5). Dibandingkan dengan skala
Likert, skala Thurstone hanya menyajikan butir pernyataan yang sedikit sehingga
aspek sikap yang bisa diungkapkan relatif sedikit pula. Namun demikian skala
Thurstone mempunyai kelebihan pada ketajaman pernyataan untuk mengungkapkan
sikap tersebut, sehingga lebih sedikit kemungkinan responden untuk menjawab
dengan cara menebak. Untuk mengurangi kelemahan di atas, di samping cara
pemberian skor yang cukup rumit, untuk setiap aspek mengenai sikap bisa dibuat
satu set (10 butir) pernyataan. Misalkan dari segi materi matematika,
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, sistem evaluasi, sarana dan prasarana,
masing-masing 10 butir pernyataan sehingga seluruh aspek sikap terhadap
matematika bisa terungkap.
2. Berikut ini Contoh Format Skala Diferensial Semantik
Petunjuk: Berilah
tanda cek (v) di atas tanda ( - ) sesuai dengan sikap
Anda terhadap
pelajaran matematika.
NO
|
Pernyataan kiri
|
Jawaban
|
Pernyataan
kanan
|
1
|
Sulit
dimengeti
|
- - - - - - -
|
Mudah dimengerti
|
2
|
Tegang
|
- - - - - - -
|
Rileks
|
3
|
Ruwet
|
- - - - - - -
|
Sederhana
|
4
|
Kurang
contoh
|
- - - - - - -
|
Contoh
cukup banyak
|
5
|
Contoh
kurang relevan
|
- - - - - - -
|
Contoh
cukup relevan
|
6
|
Pemberian
contoh tidak menambah pengertian
|
- - - - - - -
|
Pemberian contoh
menambahn pengertian
|
7
|
Pekerjaan
rumah terlalu banyak
|
- - - - - - -
|
Pekerjaan
rumah cukup
|
8
|
Evaluasi
kurang objektif
|
- - - - - - -
|
Evaluasi
cukup objektif
|
DIMENSI AKTIVITAS
Evaluation -
|
+1 +2 +3+4
+5 +6+7
|
Evaluation
+
|
Passive
|
- - - - - - -
|
Active
|
Relaxed
|
- - - - - - -
|
Tense
|
Slow
|
- - - - - - -
|
Fast
|
Cold
|
- - - - - - -
|
Hot
|
Quiet
|
- - - - - - -
|
Noisy
|
Dim
|
- - - - - - -
|
Bright
|
Rounded
|
- - - - - - -
|
Angular
|
Sumber : http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/3_-_semantik_diferensial.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar